Word for These Days

Never become Weak. Never Give up!!! [SHINee a-yo]

Kamis, 14 Oktober 2010

Hapalan di saat aku buat Catatan Lebay

Keperawatan Dunia

A. Zaman Purba
Pekerjaan merawat berkaitan dengan naluri "mother instinct" dalam (merawat orang lemah dan merawat anak. Berikut ini perawatan orang primitif :
1. Merawat dan mengobati luka-luka
2. Menurunkan panas dengan memberikan air minum yang banyak atau perawatannya menggunkaan air (kompres)
3. Membuka abses dengan menggunakan batu-batu tajam
4. Menghentikan perdarahan dengan menggunakan batu-batu panas
5. Pemakaian tumbuh-tumbuhan sebagai pengobatan penyakit

Pengaruh Kepercayaan
a. Ajaran Alam
alam yang memberikan petunjuk tentang obat yang akan dipakai misalnya Luka yang berdarah diberi balutan atau kain yang berwarna merah, kalo sakit kuning diberi obat minum dari akar-akaran atau kulit tumbuhan berwarna kuning.
b. Ajaran Transmigrasi
Percaya adanya kekuatan pemindahan. misalnya kalo wanit akan melahirkan, diberi air rendaman daun dan membuka lebar-lebar semua pintu

Perawatan pada berbagai bangsa dan negara:
a. Mesir
Dewa pengobatan dewa Isis. Ilmu ketabiban muncul pd 4800 SM. Sudah menggunakan spalk, bidai, alat pembalut, ilmu anatomi, ilmu higiens umum dan ilmu ttg obat. Kitab Papyrus memuat 700-an resep obat dari Mesir

b. Babylon dan Syria
Ilmu anatomi dan obat ada sejak bbrapa abad SM. pd abad 680 SM sudah mampu menahan mimisan dan mengobati jerawat. Pengobatan dan perawatan berhubungan dengan kepercayaan menyembah dewa.

c. Yahudi Kuno
Ilmu dapet dari Mesir. Misalnya : yang terkenal adalah Musa, Ahli higiene. Yahudi memajukan minat besar dalam kebersihan umum dan kebersihan diri. UU ini menjadi dasar higiene modern dan sesuai dgn bakteriologi zaman sekarang, misalnya :
- Pemeriksaan dan peminilah bahan makanan yang akan dimakan
- Mengadakan cara pembuangan kotoran manusia
- Pelarangan makan Babi krn menyebabkan suatu penyakit
- Memberitahukan kepada yang berwajib bila ada penyakit yang berbahaya sehingga dapat diambil tindakan.

d. India
Memuja dan meminta pertolongan kepada dewa dikuil untuk menyembuhkan orang sakit. Telah didirikan RS pada masa Raja Asoka kurang lebih 8 RS yang lalu dijadikan sekolah pengobatan dan perawatan.

e. Tiongkok
TElah mengenal penyakit Siphilis dan GO. Pencacaran telah dilakukan 1000 SM. Ilmu urut dan psikoterapi.
Orang yang terkenal dlm ketabiban :
1. Seng Lung, "bapak pengobatan, ahli PDL telah mengunakan obat dari tumbuh-tumbuhan dan mineral (garam-garaman). Semboyan : Lihat, Dengar, Tanya Rasa
2. Chang Chung Ching, 200 SM, mengerjakan lavement menggunakan bambu.

f. Yunani
Pada zaman purba memuja dan memuliakan banyak dewa (polytheis). Dewa pengobatan, Putri. Dewa kesehatan, Higiene. Kuil untuk pemujaan sekaligus pengobatan dan perawatan orang sakit dibangun pada 1134 SM. Orang-orang ternama dalam ketabiban :
- Hipocrayes, hidup 400 SM -> Bapak pengobatan. Jasa:
^ Dasar cara pengobatan sampai sekarang ini
^ Penyakit bukan karena setan tetapi karena rusaknya UU alam.
^ Mengembangkan teknik pemeriksaan badan
^ Mengajarkan supaya penderita sakit jiwa dirawat secara prikemanusiaan
^ Mengajarkan tentang makanan si sakit
^ Menganjurkan supaya penderitasakit jiwa dirawat ber-prikemanusiaan
^ Mengajarkan tt semangat pekerjaan, menghargai teman sejawat, bertanggungjawab thd si sakit yang menjadi sumpah hipocrates.
- Plato, ahli filsafat, otak sbg pusat kesadaran
_ Aristoteles, ahli filsafat, ahli jiwa dan ilmu hayat.

g. Roma
RS nya disebut Valentrumdinari. Di swiss ditemukan barang ex. peralatan huknah, pot salep, istrumen bedah (pisau, pinset, klem arteri, spekulum). Terkenal : Julius Caesar (1010-44 SM). Wali negara yang mengakui guru higiene dan menganjurkan kesehatan dan kebersihan.

h. Irlandia
Pengetahuan tt pengobatan sudah tahu lama SM. Abad ke 3 SM, putri Macha mendirikan RS Broin Beargh ut orang miskin sakit.

i. Amerika
Bangsa Asteken mendirikan RS sederhana di Amrik Utara, RS San Jesu Nazarenco didirikan San Cortez dari Meksiko pada 1521.


Zaman Permulaan Masehi
Mengenal Agama. Lord Konstantine agama Kristen berkembang. Ia mendirikan Xenodhoechim atau hospes, t4 penampungan org yang butuh pertlgn trtm perawatan dan pengobatan orang sakit. Ada Monastic Hospital, ada bangsal-bangsal orang sakit, cacat, miskin dan yatim piatu.
Asia barat daya yaitu timur tengah Agama islam. berkembang ilmu pasti, higiene, kimia dan obat. Keperawatan lebih maju. Prinsip dasar kebersihan diri, makanan, air dan lingkungan. Tokoh terkenal Rufaidah

Zaman Pertengahan Masehi
Orientasi kekuasaan. Banyak perang, eksploitasi kekayaan alam (kolonialisme), tempat ibadah tutup. Pengaruh pada keperawatan:
1, ber

Tidak ada komentar: